PT Pos Indonesia (Persero) adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Berdiri sejak 1746, Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga keuangan, ritel, dan properti, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 Agen Pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Layanan pengirimannya terdiri dari Domestik dan Internasional. Untuk Domesik terdiri dari Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi, Layanan Standar, Q9 Sameday Service dan QPosin Aja. Sedangkan untuk layanan pengiriman Internasional ada 2 macam yaitu Layanan Prioritas dan Layanan Standard.
Nah untuk yang ingin mengetahui lebih jelasnnya tentang layanan pengiriman dari POS Indonesia ini bisa dibaca pada artikel Detail Pengiriman, karena pada kesempatan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara Cek Resi POS Indonesia untuk domesik saja.
Meskipun saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan berbagai macam layanan pengiriman paket seperti JNE, JNT, TIKI, Sicepat, SAP, SN Cargo, Lion Express dan yang lainnya, POS Indonesia masih tetap banyak yang menggunakan jasanya karena memang memiliki nilai plus sendiri yaitu jangkauannya bisa hingga pelosok negeri.
Oleh karena itu, bagi Anda yang tetap setia menggunakan layanan pengiriman barang dari kantor pos, berikut ini ada beberapa cara untuk cek resi POS Indonesia untuk paket Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi dan juga layanan standar hingga Q9 Someday dan QPosin Aja.
Cara Cek Resi POS Indonesia
Buka Laman Pos Indonesia
Untuk cek resi pos, pertama Anda bisa dilakukan dengan membuka laman tracking Pos Indonesia di alamat https://www.posindonesia.co.id/id/tracking. Kemudian masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik kirim.
Contoh nomor resi pos biasanya terletak pada bagian kanan atas. Biasanya akan tertulis sebagai nomor kiriman atau nomor barcode.
Dari situ, akan terlihat data pengiriman pos yang dilakukan. Adapun, langkah cek resi pos bisa dilakukan lewat hp maupun laptop guna mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum.
Status Pengiriman
Sebelum mengecek resi pos, ada beberapa status yang perlu Anda ketahui. Misalnya untuk posting loket artinya sudah diterima di loket dan akan segera dikirim.
Kemudian, Manifest terima artinya kiriman sudah diterima pada bagian dari kantor Pos yang bertugas melanjutkan ke proses selanjutnya. Manifest Serah artinya kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor pos tujuan.
Keempat, proses antar artinya kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan pada penerima. Selesai antar, artinya paket telah diserahkan kurir kepada penerima dan pengiriman sukses.
Terakhir, ada antar gagal yang artinya pengiriman gagal dilakukan dan akan dikirimkan keesokan harinya dan antar ulang artinya kiriman yang gagal akan diantar kembali keesokan harinya.
Sementara, bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut cek resi pos bisa dengan menghubungi call center Pos Indonesia di nomor 161 atau melalui line di @posindonesia_officialbot atau email di halopos@posindonesia.co.id.
Melalui e-commerce
Kalau kamu belanja barang melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya, kamu bisa melihat status paket juga loh.
Kamu bisa mengecek di detail pesanan atau melacak pengiriman paket kamu. Cukup cek status pesanan dan kamu akan mendapatkan detail dari paket kamu tanpa perlu memasukkan nomor resi.
Melalui Situs cekresi.com
Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengecek resi melalui situs cekresi.com, caranya:
- Buka laman cekresi.com/tracking/cek-resi-pos.php.
- Pada halaman utama Cekresi.com, masukkan nomor resi Pos, klik tombol ‘Cek Resi’.
- Jika berhasil maka kemudian akan muncul tampilan yang memuat hasil tracking di bagian hasil pencarian.
Komentar
Posting Komentar