Langsung ke konten utama

Transaksi Non Tunai Dorong Efisiensi Ekonomi

JAKARTA - Maraknya transaksi secara elektronik (e-payment) mendorong efisiensi ekonomi sekaligus menahan inflasi. Dalam tiga tahun terakhir, peningkatan jumlah transaksi elektronik sejalan dengan penurunan inflasi.

Ekonom Universitas Padjadjaran, Kodrat Wibowo, menyatakan makin maraknya penggunaan transaksi elektronik di Indonesia harus terus didukung secara positif. "Keuntungan yang paling terasa adalah efisiensi waktu dan fisik," kata Kodrat di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Kodrat menjelaskan, efisiensi tersebut berupa pemangkasan waktu transaksi oleh masyarakat, sehingga mempercepat pelayanan dan penghematan waktu. Keberadaan para pengguna transaksi elektronik juga mempercepat pembentukan komunitas non-tunai (cashless society) yang bisa mengurangi peredaran uang di masyarakat.

Menurut Kodrat, semakin sedikitnya uang beredar secara tidak langsung akan memengaruhi inflasi. Sebab salah satu penyebab kenaikan inflasi adalah tingginya peredaran uang.

"Kalau dia tidak pegang uang tentu keinginan membelanjakan uang lebih kecil ketimbang terbiasa menyimpan uang dalam bentuk tunai," ujar Kodrat.

Data Bank Indonesia mencatat dalam tiga tahun terakhir, transaksi elektronik melonjak tajam. Pada 2016, transaksi elektronik tercatat 683,13 juta transaksi dengan nilai Rp7,06 triliun. Jumlah tersebut naik tajam dibandingkan 2015 sebanyak 535,58 juta transaksi senilai Rp5,28 triliun dan tahun 2014 sebanyak 203,37 juta transaksi senilai Rp3,32 triliun.

Sebaliknya, inflasi dalam tiga tahun terakhir terus turun. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan inflasi Indonesia pada 2016 tercatat 3,02%, lebih rendah dibandingkan tahun 2015 dan 2014 sebesar 3,35% dan 8,36%.

Kodrat menjelaskan perusahaan seperti PT GO-JEK Indonesia yang membuka layanan GO-PAY patut mendapat apresiasi. Hal itu karena perusahaan penyedia layanan aplikasi tersebut ikut mensukseskan program cashless society yang terus didorong pemerintah.

“Kalau perlu lembaga pemerintah meniru, sebab bisa meminimalisir penyelewengan karena semua tercatat jelas,” kata dia.

Sebelumnya, GO-JEK melalui layanan GO-PAY menyediakan fitur baru berupa layanan transfer saldo dan penarikan uang tunai. Fitur itu diyakini bakal membuat transaksi masyarakat semakin mudah dan nyaman. CEO dan Founder GO-JEK Indonesia, Nadiem Makarim, mengatakan fitur baru itu juga membuktikan komitmen GO-JEK dalam mendukung program inklusi keuangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bank Bukopin Motivasi Pertumbuhan Layanan Fintech

Financial Technologi (Fintech) kini makin menjamur di Indonesia. Salah satu sektor yang diprediksi tergerus dari bisnis baru ini adalah perbankan. Tak mau ketinggalan, PT Bank Bukopin Tbk saat ini menggarap layanan fintech.


Bersama Kibar Kreasi Indonesia, Bukopin membangun BNV Labs, semacam inkubator yang khusus menggarap startup fintech. Kibar Kreasi Indonesia adalah startup teknologi digital asal Indonesia yang telah menginkubasi lebih dari 150 perusahaan di Silicon Valley, Amerika Serikat.

“Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, kami akan ketinggalan. Sekarang semua inginnya serba mudah dan cepat. Nah, layanan fintech akan mempermudah semuanya,” kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Bank Bukopin, Adhi Brahmantya saat acara Geekfest 2017, Sabtu (20/5/2017). Ini berkaitan dengan cara cek saldo kartu kredit bukopin sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui saldo bukopin kamu di kemudian hari.

BNV Labs berfungsi membentuk ekosistem digital di bidang keuangan. Tida…

Street Style Quick Tips ala Sasyachi

Belakangan ini, gaya jalanan banyak mencuri perhatian seluruh pencinta fashion di seluruh dunia, lho. Bukan gaya jalanan sembarangan, teman-teman! Kalian pasti pernah dengar istilah street style atau street fashion, kan? Nah, street style atau street fashion ini adalah gaya yang bisa kita temukan di jalanan di kota-kota besar, pengekspresian diri dari anak-anak muda khas kehidupan urban, dan bisa didapatkan hanya dari pakaian-pakaian yang kita punya di lemari.

Ada banyak style yang bisa kita dapatkan dari street fashion. Ada hippies, Harajuku, preppy, hip hop, dan bahkan gothic! Gaya jalanan ini benar-benar mempelihatkan kreativitas dan passion milik seseorang. Street fashion yang ada di Milan tidak sama dengan street fashion yang ada di Seoul, Paris, Tokyo, atau London. Gaya jalanan ini juga berbeda setiap musimnya!

Nah, kalian pasti bertanya-tanya bagaimana supaya bisa mendapatkan gaya jalanan yang pas dengan dirimu dan tetap fashionable. Ada quick tips-nya, nih!

• Harus sering browsi…

Cara Mengecek Pulsa Bolt

Paket yang telah ditawarkan oleh Bolt adalah paket super flex – basic yang mana paket tersebut telah menjadi pilihan oleh pengguna Bolt untuk menunjang kebutuhan internetnya seperti browsing, media sosial, upload foto melalui media sosial, streaming youtube, download lagu serta streaming lagu. Pengguna Bolt tersebut dapat memilih Kuota paket internet sesuai kebutuhan internetnya, sehingga dengan kuota paket itu para pengguna Bolt dapat leluasa memakai atau mengakses internet selama 24 jam nonstop dalam sebulan. Paket kuota yang ditawarkan diantaranya, paket kuota internet 8 GB dengan harga 99 rupiah dan berlaku selama 1 bulan, paket kuota internet 13 GB dengan harga 149 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan dan paket kuota terakhir adalah 17 GB dengan harga 199 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan.

Apabila pengguna Bolt tidak puas dengan paket yang ditawarkan paket Super Flex – basic maka provider Bolt telah menyediakan paket data dengan jumlah kuota yang besar, paket tersebut berna…