Langsung ke konten utama

Awal Puasa di Indonesia Berpotensi Serempak 27 Mei 2017

Waktu awal Ramadan 2017 di Indonesia berpotensi serempak dimulai pada 27 Mei 2017. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, keseragaman awal puasa ini akan terjadi hingga 1442 Hijriah atau 2021.


Perhitungan penentuan waktu awal Ramadan 2017 itu berdasarkan kriteria hisab atau perhitungan astronomis yang digunakan pemerintah dan ormas besar seperti Nahdlatul Ulama (NU) serta Muhammadiyah. Kriteria tersebut yakni kemungkinan teramatinya hilal atau bulan baru (imkan rukyat) pada ketinggian dua derajat, dan wujudul hilal atau tinggi hilal positif.

Hisab, kata Djamaluddin, menentukan posisi bulan dari segi ketinggian dan elongasi atau jarak sudut bulan dengan matahari saat matahari terbenam. Hisab dilakukan untuk masing-masing lokasi seperti untuk Bandung, Aceh, atau tempat lainnya.

Pada akhir 29 Sya'ban 1438 Hijriah atau saat waktu maghrib pada 26 Mei 2017, tinggi bulan untuk lokasi Bandung misalnya, 8 derajat 5' 2" dan elongasi 9 derajat 7' 15". Kesimpulannya, menurut Djamaluddin, ketinggian bulan baru sudah positif berdasarkan kriteria wujudul hilal atau penampakan bulan dan memenuhi syarat kriteria ketinggian bulan dua derajat dari garis ufuk.

Artinya, awal Ramadan 2017 jatuh keesokan harinya sejak maghrib malam Sabtu atau 27 Mei 2017. “Alhamdulillah, posisi bulan saat ini di luar rentang 0-2 derajat sampai 1442 Hijriah atau 2021 untuk awal Ramadhan,” kata Djamaluddin.

Kondisi itu bisa disimulasikan dengan program komputer dan aplikasi astronomi, seperti Stellarium dan Accurate Time. “Untuk pengamal rukyat, keputusan masih menunggu hasil sidang isbat pada 26 Mei 2017 selepas maghrib,” ujar Djamaluddin.

Direktur Observatorium Bosscha, Mahasena Putra mengatakan, pada saat matahari terbenam 26 Mei 2017, posisi bulan sudah cukup tinggi. Awal puasa 1 Ramadan pada 27 Mei. “Tapi, karena itu menyangkut ibadah umat Islam, biar yang berwenang untuk menentukan,” katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bank Bukopin Motivasi Pertumbuhan Layanan Fintech

Financial Technologi (Fintech) kini makin menjamur di Indonesia. Salah satu sektor yang diprediksi tergerus dari bisnis baru ini adalah perbankan. Tak mau ketinggalan, PT Bank Bukopin Tbk saat ini menggarap layanan fintech.


Bersama Kibar Kreasi Indonesia, Bukopin membangun BNV Labs, semacam inkubator yang khusus menggarap startup fintech. Kibar Kreasi Indonesia adalah startup teknologi digital asal Indonesia yang telah menginkubasi lebih dari 150 perusahaan di Silicon Valley, Amerika Serikat.

“Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, kami akan ketinggalan. Sekarang semua inginnya serba mudah dan cepat. Nah, layanan fintech akan mempermudah semuanya,” kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Bank Bukopin, Adhi Brahmantya saat acara Geekfest 2017, Sabtu (20/5/2017). Ini berkaitan dengan cara cek saldo kartu kredit bukopin sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui saldo bukopin kamu di kemudian hari.

BNV Labs berfungsi membentuk ekosistem digital di bidang keuangan. Tida…

Street Style Quick Tips ala Sasyachi

Belakangan ini, gaya jalanan banyak mencuri perhatian seluruh pencinta fashion di seluruh dunia, lho. Bukan gaya jalanan sembarangan, teman-teman! Kalian pasti pernah dengar istilah street style atau street fashion, kan? Nah, street style atau street fashion ini adalah gaya yang bisa kita temukan di jalanan di kota-kota besar, pengekspresian diri dari anak-anak muda khas kehidupan urban, dan bisa didapatkan hanya dari pakaian-pakaian yang kita punya di lemari.

Ada banyak style yang bisa kita dapatkan dari street fashion. Ada hippies, Harajuku, preppy, hip hop, dan bahkan gothic! Gaya jalanan ini benar-benar mempelihatkan kreativitas dan passion milik seseorang. Street fashion yang ada di Milan tidak sama dengan street fashion yang ada di Seoul, Paris, Tokyo, atau London. Gaya jalanan ini juga berbeda setiap musimnya!

Nah, kalian pasti bertanya-tanya bagaimana supaya bisa mendapatkan gaya jalanan yang pas dengan dirimu dan tetap fashionable. Ada quick tips-nya, nih!

• Harus sering browsi…

Cara Mengecek Pulsa Bolt

Paket yang telah ditawarkan oleh Bolt adalah paket super flex – basic yang mana paket tersebut telah menjadi pilihan oleh pengguna Bolt untuk menunjang kebutuhan internetnya seperti browsing, media sosial, upload foto melalui media sosial, streaming youtube, download lagu serta streaming lagu. Pengguna Bolt tersebut dapat memilih Kuota paket internet sesuai kebutuhan internetnya, sehingga dengan kuota paket itu para pengguna Bolt dapat leluasa memakai atau mengakses internet selama 24 jam nonstop dalam sebulan. Paket kuota yang ditawarkan diantaranya, paket kuota internet 8 GB dengan harga 99 rupiah dan berlaku selama 1 bulan, paket kuota internet 13 GB dengan harga 149 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan dan paket kuota terakhir adalah 17 GB dengan harga 199 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan.

Apabila pengguna Bolt tidak puas dengan paket yang ditawarkan paket Super Flex – basic maka provider Bolt telah menyediakan paket data dengan jumlah kuota yang besar, paket tersebut berna…