Langsung ke konten utama

Asal-usul Manusia dan Samsung Diretas

Jakarta - Top 5 berita hari ini dimulai dengan kabar tentang asal-usul manusia dan kabar peretasan Samsung. Fosil dari Yunani dan Bulgaria berupa makhluk mirip kera yang hidup 7,2 juta tahun lalu, dapat menimbulkan keraguan mengenai asal-usul manusia yang selama ini diyakini evolusi dari Afrika.


Makhluk yang dikenal sebagai Graecopithecus Freybergi ini bisa jadi merupakan garis keturunan manusia tertua yang pernah ada.

Sementara itu, fosil bayi hominin, nenek moyang manusia, yang untuk pertama kalinya dipamerkan. Studi yang dipublikasikan di jurnal Proceeding of National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa Australopithecus afarensis, nenek moyang manusia yang hidup 3 juta tahun lalu, memiliki tulang pinggang dan toraks seperti manusia.

Tetapi, hominin muda berusa 2,5 tahun yang diberi nama Selam, dalam bahasa Amharic berarti "damai", memiliki susunan yang berbeda untuk bagian punggung atas dan bawah, salah satunya mungkin membantu untuk berjalan dengan dua kaki.

Juga, ada kabar Museum Mesir yang tersohor ke seluruh penjuru dunia memamerkan 160 ribu artefak di sepanjang lorong dan ruang pamer gedung dari abad 19 setinggi dua lantai di Tahrir Square, Kairo. Artefak-artefak tersebut berasal dari berbagai era peradaban Mesir, mulai dari era prasejarah hingga zaman Yunani-Romawi.

Tiga topik tersebut tentang asal-usul manusia dan kabar peretasan Samsung paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Tekno. Berikut selengkapnya lima berita terpopuler hari ini yang bisa Anda baca di kanal Tekno Tempo.co:

1. Asal-usul Manusia dari Afrika Mulai Diragukan, Ini Sebabnya

Fosil dari Yunani dan Bulgaria berupa makhluk mirip kera yang hidup 7,2 juta tahun lalu, dapat menimbulkan keraguan mengenai asal-usul manusia yang selama ini diyakini evolusi dari Afrika.

Makhluk yang dikenal sebagai Graecopithecus Freybergi ini diketahui hanya dari tulang rahang bawah dan gigi yang terpisah, bisa jadi merupakan garus keturunan manusia tertua yang pernah ada, evolusi terpisah dari garis menuju simpanse, menurut para ilmuwan.

Reuters melaporkan tulang rahang bawah itu, yang termasuk gigi, ditemukan di Athena pada 1944. Gigi depan ditemukan di Bulgaria pada 2009. Para ilmuwan memeriksa dengan teknik terbaru, termasuk pindai CT dan menentukan usia dengan melihat endapan batuan di sekitar tempat fosil ditemukan.

2. Fosil Bayi Hominin Pertama Kalinya Dipamerkan untuk Publik

Fosil bayi hominin, nenek moyang manusia, untuk pertama kalinya dipamerkan dan terlihat sedikit mirip manusia. Studi yang dipublikasikan di jurnal Proceeding of National Academy of Sciences, mengungkapkan bahwa Australopithecus afarensis, nenek moyang manusia yang hidup 3 juta tahun lalu, memiliki tulang pinggang dan toraks seperti manusia.

Tetapi, hominin muda berusa 2,5 tahun yang diberi nama Selam, dalam bahasa Amharic berarti "damai", memiliki susunan yang berbeda untuk bagian punggung atas dan bawah, salah satunya mungkin membantu untuk berjalan dengan dua kaki. "Kami belum pernah tahu apakah nenek moyang kita punya pola tulang belakang yang sama dan jumlah yang sama," kata penulis studi Carol Ward, antropolog bilogi dari Unversitas Missouri, kepada Live Science.

3. Museum Mesir akan Pamerkan 160 Ribu Artefak Kuno Koleksi Mereka

Museum Mesir yang tersohor ke seluruh penjuru dunia memamerkan 160 ribu artefak di sepanjang lorong dan ruang pamer gedung dari abad 19 setinggi dua lantai di Tahrir Square, Kairo. "Artefak-artefak tersebut berasal dari berbagai era peradaban Mesir, mulai dari era prasejarah hingga zaman Yunani-Romawi," kata Manajer Umum museum Sabah Abdel Razik Saddik, dilansir dari AFP.

Artefak paling terkenal yang dipamerkan adalah topeng pemakaman emas Raja Tutankhamun, penguasa dinasti ke-18 Mesir kuno, serta artefak lainnya yang ada di makam sang raja, yang dipamerkan di lantai atas museum. Karya lain yang dipamerkan antara lain patung bangsawan yang memerintahkan pembangunan piramida Giza, termasuk satu-satunya patung Raja Khufu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bank Bukopin Motivasi Pertumbuhan Layanan Fintech

Financial Technologi (Fintech) kini makin menjamur di Indonesia. Salah satu sektor yang diprediksi tergerus dari bisnis baru ini adalah perbankan. Tak mau ketinggalan, PT Bank Bukopin Tbk saat ini menggarap layanan fintech.


Bersama Kibar Kreasi Indonesia, Bukopin membangun BNV Labs, semacam inkubator yang khusus menggarap startup fintech. Kibar Kreasi Indonesia adalah startup teknologi digital asal Indonesia yang telah menginkubasi lebih dari 150 perusahaan di Silicon Valley, Amerika Serikat.

“Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, kami akan ketinggalan. Sekarang semua inginnya serba mudah dan cepat. Nah, layanan fintech akan mempermudah semuanya,” kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Bank Bukopin, Adhi Brahmantya saat acara Geekfest 2017, Sabtu (20/5/2017). Ini berkaitan dengan cara cek saldo kartu kredit bukopin sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui saldo bukopin kamu di kemudian hari.

BNV Labs berfungsi membentuk ekosistem digital di bidang keuangan. Tida…

Street Style Quick Tips ala Sasyachi

Belakangan ini, gaya jalanan banyak mencuri perhatian seluruh pencinta fashion di seluruh dunia, lho. Bukan gaya jalanan sembarangan, teman-teman! Kalian pasti pernah dengar istilah street style atau street fashion, kan? Nah, street style atau street fashion ini adalah gaya yang bisa kita temukan di jalanan di kota-kota besar, pengekspresian diri dari anak-anak muda khas kehidupan urban, dan bisa didapatkan hanya dari pakaian-pakaian yang kita punya di lemari.

Ada banyak style yang bisa kita dapatkan dari street fashion. Ada hippies, Harajuku, preppy, hip hop, dan bahkan gothic! Gaya jalanan ini benar-benar mempelihatkan kreativitas dan passion milik seseorang. Street fashion yang ada di Milan tidak sama dengan street fashion yang ada di Seoul, Paris, Tokyo, atau London. Gaya jalanan ini juga berbeda setiap musimnya!

Nah, kalian pasti bertanya-tanya bagaimana supaya bisa mendapatkan gaya jalanan yang pas dengan dirimu dan tetap fashionable. Ada quick tips-nya, nih!

• Harus sering browsi…

Cara Mengecek Pulsa Bolt

Paket yang telah ditawarkan oleh Bolt adalah paket super flex – basic yang mana paket tersebut telah menjadi pilihan oleh pengguna Bolt untuk menunjang kebutuhan internetnya seperti browsing, media sosial, upload foto melalui media sosial, streaming youtube, download lagu serta streaming lagu. Pengguna Bolt tersebut dapat memilih Kuota paket internet sesuai kebutuhan internetnya, sehingga dengan kuota paket itu para pengguna Bolt dapat leluasa memakai atau mengakses internet selama 24 jam nonstop dalam sebulan. Paket kuota yang ditawarkan diantaranya, paket kuota internet 8 GB dengan harga 99 rupiah dan berlaku selama 1 bulan, paket kuota internet 13 GB dengan harga 149 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan dan paket kuota terakhir adalah 17 GB dengan harga 199 ribu rupiah dengan masa aktif 1 bulan.

Apabila pengguna Bolt tidak puas dengan paket yang ditawarkan paket Super Flex – basic maka provider Bolt telah menyediakan paket data dengan jumlah kuota yang besar, paket tersebut berna…